Search Here

Loading...

Saturday, January 29, 2011

Buat Icon Folder Anda Sendiri!!
Jadikan Folder Anda Unik Dari yang Lain

Nah saatnya sharing lagi nih gan. Disini ane mau share gimana caranya bikin icon buat folder kita. Kalo ngasih gambar background di folder, itu dah biasa. Kalo ngasih icon di folder, keknya blom banyak yang make . Maksudnya icon di folder gimana sih? Gini kalo kita punya folder, biasanya kan icon / gambarnya semacam map warna kuning kan? Nah itu bakal kita ganti jadi gambar kita sendiri. Agan bisa ganti icon foldernya jadi gambar apapun, misalnya folder musik agan jadi bukan gambar map kuning lagi, tapi gambar melodi/alat musik, dll. Kalo yang pake SmadAV mungkin udah g asing lagi ama folder yang gambarnya gembok kan? nah kita mau buat semacamgitu. Emang sih Windows kita udah ngasih beberapa icon tambahan, tapi lebih asik lagi kalo kita bikin icon kita sendiri (terkesan lebih private dan unik :) )
Tertarik?  Lanjut baca gan..

Buat trik kali ini kita harus punya dolo file iconnya (.ico). Kalo belum punya kita bisa bikin sendiri kok file .ico nya. Kita akan pake bantuan Software Easy Icon Maker v.5 FULL yang udah ane portabelin.
Untuk bikin folder kita jadi bergambar, Gini langkah-langkahnya:
  1. Siapkan dolo file iconnya (.ico) kalo belom punya, bikin dolo pake Easy Icon Maker (EIM)Portable v.5 FULL  yang bisa didownload disini / dibawah halaman ini. Kalo dah ada file .ico nya langsung ke point no.4 aja gan! Nb : Jangan nekat ganti ekstensi file .jpg/.bmp/dsb jadi .ico, karena sering gak jalan.
  2. Buat bikin file iconnya, kalo dah didownload programnya, Jalanin EIM nya Karena EIM nya udah portabel, gak usah pake install/patch lagi. Tinggal dobel klik aja :D
  3. Setelah muncul jendela editornya, barulah bikin iconnya. Pilih File > New. Di option size pilih ukuran/dimensi icon yang mau dibuat (bebas). Di option colors pilih aja True colors (24bit). Selanjutnya,  ada banyak cara dalam membuat icon: Agan bisa bikin iconnya sendiri dengan ngegambar manual menggunakan tools sederhana yang disediakan program. Agan juga bisa mengimport dari gambar lain (Import from graphics), mengambil dari jendela aktif window (kek print screen/snipping gitu) pake tools capture (yang gambar tangan), atau bahkan mengextract dari program aslinya (exe/dll). Caranya, silahkan dicoba aja sndiri. Gampang kok :D .Di contoh ini ane pake import from graphics. .  Kalo udah save di folder yang mau dikasih gambar. >
  4. Kalo dah ada file .ico nya, pastikan file .ico nya berada di dalam folder yang mau dikasih icon. Abis itu klik kanan foldernya > Properties > Customize >Klik tombol Change Icon.. di bagian bawah.
  5. Pilih Browse > cari file icon yang tadi agan simpan > OK > OK
  6. Nah,..  folder agan kini tidak bergambar map kuning lagi, melainkan icon keren yang anda pilih (berhubung ane milih gambarnya yang rumit, hasilnya di contoh ini jadi ga begitu bagus :D 
  7. Eit, tunggu dolo, kita butuh finishing, biar gambar iconnya gak gampang kehapus dan tetep nempel di folder walaupun foldernya dipindahin ke tempat lain. Caranya, buka notepad, ketiik:      
             attrib namaicon.ico  +s  +h
         desktop.ini
         del  finishing.bat

Jangan lupa ganti namaicon menjadi nama file icon agan.
Trus save di dalam folder yang ada iconnya tadi, di bagian ‘Save As Type’  pilih ‘All files’ , simpan dengan nama  finishing.bat lalu Exit dari notepad.  Setelah itu, jalankan finishing.bat yang tadi dibuat di dalam folder bericon.
8. Nanti akan keluar sebuah jendela command prompt dan akan terbuka sebuah file bernama desktop.ini di notepad, nah pada file ini, di baris IconResource=X:\xxx\yyy\zzz\namaicon.ico,0   ganti jadi :  IconResource= namaicon.ico,0   (jangan lupa ganti namaicon jadi nama filenya >  Lalu Save (ctrl+s)  > Exit

9. Finish! Skarang folder agan punya icon sendiri dan iconnya tetap nempel walau dipindah kemanapun :D

Selain buat bikin icon folder, file .ico juga bisa dipake buat nanam software buatan kita sendiri, avatar, dsb. Silahkan dicoba :)



Yang mau download program Easy Icon Maker Portable silahkan download dibawah:


LINK DOWNLOAD:





Semoga Bermanfaat :)


_dyazone_

No comments:

Post a Comment